Knowledgebase
Tanya Jawab Seputar Pendaftaran & Order Online
Posted by Ade Chrysanti Gofar on 10 Apr 13 20:39

Konsultan Oriflame yang Terhormat,

 

Oriflame sudah melaunching sarana Online kami sejak 5 April 2013. Bersama ini kami kirimkan daftar pertanyaan dan jawaban untuk membantu Anda dalam menggunakan sarana online tersebut. Daftar pertanyaan dan jawaban ini juga kami distribusikan ke semua konsultan Oriflame yang alamat emailnya terdaftar pada sistem kami. Anda juga bisa mendownload file Tanya-Jawab .pdf yang terlampir.

Silahkan hubungi Cabang terdekat Anda dan/atau Tim Customer Care kami bila ada pertanyaan lainnya yang Anda ingin tanyakan.

Terima kasih dan Sukses Selalu.

 

Salam Hormat,

Customer Care Oriflame Indonesia Tanya-Jawab Pendaftaran & Order Online (FAQs)


 

  1. Bagaimana caranya mendaftarkan konsultan baru?
    • Login ke situs www.oriflame.co.id dengan menggunakan nomor konsultan dan password Anda sendiri.
    • Klik Registrasi.
    • Isi lengkap form pendaftaran online dengan informasi mengenai calon konsultan baru Anda.
  2. Data apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan konsultan baru?
    • Alamat Email calon konsultan.
    • Nama lengkap calon konsultan sesuai KTP.
    • Nomor KTP calon konsultan (ketik/masukkan tanpa spasi).
      • Bila nomor KTP yang dimasukkan sama dengan yang telah terdaftar di database Oriflame, maka sistem akan menolak pendaftaran secara otomatis.
      • Data Identifikasi selain KTP tidak diperbolehkan (contoh: SIM, Kartu Pelajar, dll).
    • Alamat pengiriman calon konsultan yang lengkap.
    • Tanggal lahir calon konsultan.
      • Konsultan baru harus berusia 18 tahun keatas sesuai dengan peraturan Oriflame dan peraturan Tenaga Kerja Indonesia.
    • Nomor Telpon calon konsultan (preferensi nomor handphone, ketik/masukkan tanpa spasi).
    • Nomor Konsultan Sponsor.
    • Fotokopi atau scan copy KTP calon konsultan (bila akan diupload saat melakukan registrasi).
  3. Apakah saya bisa memilih siapa yang menjadi sponsor untuk konsultan baru via pendaftaran online?
    • Anda dapat memilih siapa yang akan menjadi sponsor dari calon  konsultan baru asalkan sponsor tersebut masih dalam grup pribadi Anda.
  4. Kapan konsultan baru bisa membuat order?
    • Konsultan baru akan menerima nomor konsultan langsung setelah didaftarkan oleh Uplinenya (melalui email notifikasi otomatis), namun ybs hanya bisa membuat order bila KTPnya sudah diupload dan sudah melalui proses verifikasi oleh staff Oriflame. Jadi, order hanya bisa dilakukan setelah staff Oriflame menyatakan konsultan tersebut telah terverifikasi dengan baik.
  5. Siapa yang bisa mengupload KTP konsultan baru?
    • KTP dapat diupload pada halaman registrasi (di bagian bawah) oleh upline/sponsornya yang mendaftarkannya. Atau konsultan baru tersebut bisa mengupload sendiri KTPnya di “Halaman Saya” di bagian “Pengaturan Profil”, sekalian konsultan baru mengisi nomor rekening.
    • KTP yang akan diupload harus berukuran file maksimal 1MB & dalam format file JPG, PNG & TIFF.
  6. Apa yang dimaksud dengan proses verifikasi KTP?
    • Proses verifikasi adalah proses untuk memastikan bahwa data yang didaftarkan seperti nama, tanggal lahir dan nomor KTP sesuai dengan data yang tertera pada KTP.
  7. Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh staff Oriflame untuk melakukan proses verifikasi KTP? Dan bagaimana konsultan baru bisa mengetahui bahwa KTP-nyasudah diverifikasi oleh staff Oriflame?
    • Staff Oriflame akan melakukan verifikasi KTP dalam 3 hari kerja setelah KTP diunggah (upload) oleh konsultan baru.
    • Konsultan baru bisa mengecek pada “Pengaturan Profil” di “Halaman Saya” apakah KTPnya sudah diverifikasi atau belum. Akan ada tanda centrang pada kotak “KTP telah diverifikasi” bila KTP sudah diverifikasi.
    • Bila belum ada tanda centrang, pastikan KTP Anda sudah diupload. Bila KTP sudah diupload, maka akan ada ikon dokumen yang bisa diklik untuk melihat file KTP yang telah diupload. Bila belum, kotak upload KTP masih akan terlihat dan kosong. 
  8. Bagaimana konsultan baru bisa mendapatkan starter kit?
    • Starter Kit akan diorder drop ke dalam order pertama konsultan secara otomatis.
    • Biaya registrasi Rp.49,900,- akan keluar secara otomatis pada order pertama konsultan. Konsultan dapat memilih untuk menambahkan produk pada order pertamanya atau hanya untuk membuat order kosong untuk menampilkan starter kit pada invoice.
    • Bila pengiriman yang dikirim adalah DS-Courier, maka order harus dibayar terlebih dahulu sebelum dapat dikirim. Pastikan pembayaran mengacu ke nomor invoice milik order tersebut.
    • Konsultan tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun bila order pertama hanya memuat Starter Kit. Bila ada produk atau materi printing yang ditambahkan, maka akan keluar biaya (handling fee) seperti biasa.
    • Sebagai sponsor, hutang biaya starter kit akan terlihat pada Activity Report saat order pertama dibuat dan disimpan.
  9. Apabila Sponsor mendaftar konsultan barunya melalui immediate, email, atau fax, kapan starter kit akan diterima?
    • Bila mendaftar di cabang, sponsor harus menyerahkan Consultant Application Form (CAF) yang telah ditandatangani oleh calon konsultan tersebut bersama dengan lampiran fotokopi KTP. Kasir akan membuat nomor konsultan, melakuka verifikasi KTP, dan membuka order untuk mengeluarkan starter kit. Starter kit dapat diambil setelah biaya registrasi sudah dibayar.
    • Bila pendaftaran dilakukan melalui email atau fax, staff customer service harus melakukan verifikasi KTP dan membuat order untuk starter kit. Setelah order dibayar, starter kit akan dikirim ke alamat konsultan baru sesuai dengan tipe pengiriman yang dipilih pada formulir aplikasi.
      • PENTING: Biaya pendaftaran harus dibayar sebelum kami mengirim starter kit. Biaya dapat dibayar melalui transfer bank atau ATM sebagaimana order WFT.
  10. Setelah Sponsor mendaftarkan seorang konsultan baru melalui fasilitas Registrasi Online yang menghasilkan nomor konsultan, ini adalah langkah yang harus dilakukan oleh konsultan baru tersebut:
    • Setelah proses registrasi selesai dilakukan oleh sponsor, konsultan baru akan segera menerima email aktivasi secara otomatis di alamat email yang didaftarkan Sponsor pada form pendaftaran.
    • Konsultan baru harus men-klik tautan (link) aktivasi pada email tersebut untuk selanjutnya menerima nomor konsultan dan informasi data yang dibutuhkan untuk login ke V3. Informasi ini dikirim via email ke konsultan baru secara otomatis pula.
    • Pada saat yang bersamaan, Sponsor juga akan menerima email notifikasi berisi data kontak downline barunya.
    • Bila upline/sponsor belum mengupload KTP milik konsultan baru saat melakukan registrasi, Konsultan tsb harus mengupload KTP melalui halaman Pengaturan Profil (ukuran file maksimal 1MB dalam format file JPG, PNG & TIFF).
    • Setelah KTP sudah diverifikasi oleh staff Oriflame, konsultan baru dapat membuat order pertama untuk mendapat starter kit yang secara otomatis di-order drop dalam order pertama konsultan baru. Order pertama bisa berupa order produk, printing maupun order kosong yang akan menggerakkan order drop starter kit secara otomatis.
  11. Apakah Sponsor membutuhkan kopi KTP calon konsultan?
    • Copy KTP calon konsultan dapat diunggah (upload) oleh upline/sponsor pada halaman registrasi maupun oleh konsultan baru ybs pada halaman Pengaturan Profil di situs Oriflame.
  12. Apa yang akan terjadi bila KTP tidak diserahkan atau diunggah oleh konsultan baru?
    • Konsultan baru diberikan waktu 7 hari untuk menyerahkan copy KTPnya yang jelas dan terbaca. Bila tidak, nomor konsultan baru tersebut akan diblokir dan tidak bisa melakukan order.
  13. Apa yang harus dilakukan oleh konsultan baru yang sudah terlanjur diblokir karena terlambat mengunggah KTP?
    • Konsultan masih dapat melakukan upload KTP pada halaman Pengaturan Profil, bisa menyerahkan copy KTP pada staff Customer Care di Cabang, atau bisa juga mengirim copy KTP via e-ticketing.
  14. Apa yang terjadi bila konsultan sudah menyerahkan/mengunggah copy KTP dan sudah diverifikasi oleh staff Oriflame, tapi konsultan baru tidak pernah membuat order apapun?
    • Bila konsultan baru tidak membuat order (minimal 100BP) lebih dari 30 hari sejak mendaftar, maka ybs akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hadiah Welcome Program.
    • Konsultan tersebut tetap terdaftar sebagai anggota Oriflame  dan dapat melakukan order seperti biasa kapan saja dikehendaki.
  15. Apa yang akan terjadi bila ternyata copy KTP yang diunggah tidak mendapatkan verifikasi dari staff Oriflame padahal nomor konsultan tersebut telah tercantum pada AR Sponsornya?
    • Konsultan yang tidak mendapat verifikasi dari staff Oriflame akan diblokir tidak akan bisa melakukan order.
  16. Apakah seorang konsultan baru harus segera melakukan order dalam waktu 7 hari dan bila tidak akunnya akan diblokir dan tidak bisa melakukan order lagi?
    • Waktu tenggang 7 hari hanya untuk konsultan baru melakukan upload KTP, bukan untuk order. Konsultan baru tidak diberikan tenggat waktu untuk melakukan order. Tapi apabila tidak dilakukan dalam waktu 30 hari setelah terterdaftar sebagai konsultan, maka ybs tidak bisa mendapatkan benefit Welcome Program.
  17. Apa yang harus dilakukan oleh Sponsor bila ternyata alamat email konsultan baru yang didaftarkan salah?
    • Apabila terjadi kesalahan penulisan alamat email yang didaftarkan oleh Sponsor, maka tentunya email aktivasi tidak akan diterima oleh konsultan baru. Sponsor harus menghubungi CC cabang terdekat untuk meminta Staff Customer Care mengubah alamat email konsultan baru tersebut. Permohonan perubahan alamat email untuk konsultan dapat dilakukan oleh sponsor apabila konsultan adalah konsultan yang baru didaftarkan melalui Pendaftaran Online. Diluar itu, perubahan data pribadi tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.
    • Setelah alamat email ter-update, minta konsultan baru untuk login ke situs Oriflame Indonesia di  www.oriflame.co.id dan klik Lupa Password untuk menerima password baru.
    • Email aktivasi tidak akan terkirim kembali, sehingga konsultan baru tidak akan menerima link ke e-starter kit. Infokan pada konsultan baru Anda bahwa e-starterkit dapat mereka temukan di situs Oriflame Indonesia di link http://indonesia.oriflame.com/estarterkit/ termasuk juga aneka  informasi lainnya mengenai bisnis Oriflame.
  18. Bagaimana bila konsultan baru tidak memiliki email, apakah Sponsor bisa menggunakan emailnya sendiri untuk mendaftarkan konsultan baru?
    • Kami sangat menyarankan agar konsultan baru menggunakan alamat emailnya sendiri. Alamat email digunakan untuk kepentingan komunikasi dan isi email dapat memuat data pribadi dan rahasia. Bila email uplinenya yang digunakan, maka tanggungjawab atas informasi pribadi dan rahasia tersebut menjadi tanggungjawab upline.
  19. Apa yang terjadi bila konsultan baru tidak pernah melakukan order, apakah biaya pendaftaran akan dikurangi dari bonus Directornya?
    • Karena starter kit dan biaya registrasi akan keluar saat order pertama dilakukan, maka tidak akan ada hutang apapun sampai order pertama dibuat.
  20. Apakah konsultan baru akan tercatat pada Activity Report (AR) walaupun mereka belum menyerahkan/mengunggah copy KTP?
    • Konsultan baru tetap akan masuk ke dalam Activity Report (AR). Konsultan akan dikeluarkan dari AR apabila keanggotaannya sudah diterminasi.
    • Konsultan akan diterminasi bila tidak aktif dalam waktu 12 bulan.
  21. Apakah konsultan perlu untuk mengisi data bank saat melakukan pengunggahan KTP untuk verifikasi? Apakah harus menyerahkan copy halaman depan buku bank ybs juga?
    • Tidak. Halaman depan buku bank hanya dibutuhkan bila ingin mengubah data bank. Data bank dimasukkan (diinput) oleh konsultan baru pada halaman Pengaturan Profil di V3. Data rekening bank harus disimpan pada halaman Pengaturan Profil  agar konsultan baru bisa menerima Bonus atau PD.
    • Bila nama konsultan yang terdaftar tidak sama dengan yang terdapat pada data bank, semua uang yang ditransfer akan ditolak oleh bank. Mohon dicatat bahwa nomor rekening bank tidak dapat dirubah melalui Online bila sudah pernah disimpan oleh konsultan pada halaman Pengaturan Profil.
  22. Apakah konsultan baru yang belum diverifikasi KTPnya bisa didaftarkan sebagai sponsor dari konsultan baru lainnya? jika bisa, apa yang terjadi jika ternyata KTPnya tidak mendapat verifikasi?
    • Konsultan baru yang belum mendapat verifikasi tidak dapat menjadi sponsor dari konsultan baru lainnya. Tanpa verifikasi KTP, konsultan tersebut tidak bisa membuat order, merekrut ataupun mendapat bonus.
  23. Untuk konsultan baru yang sudah melakukan registrasi online, apakah KTP bisa dikirim via email (jika karena hal-hal tertentu tidak bisa login ke V3)?
  24. Saat Team Leader membuat Team Order, dan total order team sudah lebih dari 1 juta rupiah, kenapa Biaya Pengiriman Rp.30,000 masih tercantum?
    • Untuk Team Order, setelah semua order Team Member sudah selesai diinput, klik nomor order Team Leader untuk menyudahi proses ordering.
    • Kemudian pada halaman Keranjang Belanja, klik Ubah Order Anda. Team Leader bisa tambahkan kode produk & jumlah order bila Team Leader ingin mengorder barang.
    • Bila tidak, biarkan kosong dan klik Buat Order Baru. Saat halaman kembali ke tampilan Detail Order, klik Konfirmasi Dan Order. Bila total order team melebihi 1 juta rupiah, maka Biaya Pengiriman tidak akan tercantum.
  25. Apa yang bisa dilakukan Team Leader bila terjadi kesalahan input dalam team ordernya? Apakah kita bisa delete satu persatu nama team member kecuali si Leader? Bagaimana bila di order Team Leader terdapat kesalahan?
    • Bila Team Leader ingin menghapus order team membernya sebelum ada konfirmasi order, ada pilihan untuk menghapus terletak di sebelah kanan nomor order setiap member yang telah dibuat.
    • Bila Team Leader ingin menghapus order team  saat sudah keluar konfirmasi order dan tinggal pilihan untuk simpan order saja, maka Team Leader harus menghubungi Tim Customer Care untuk minta agar Team Ordernya dihapus.
  26. Kenapa saat pertama kali melakukan order, status stok tertulis kosong, tapi setelah saya masuk ke bagian pickup point ternyata stoknya ada?
    • Pada saat membuat order secara online, produk yang diorder akan dicek ketersediaan stoknya ke stok di cabang. Bila pickup point belum dipilih, maka stok cabang yang dicek adalah pickup point dari order/invoice yang terakhir.
    • Bila konsultan tersebut adalah konsultan baru, maka sebelum pickup point diisi ketersediaan stok akan dicek terhadap stok dari cabang homebranch Anda (cabang tempat Anda terdaftar).
  27. Dengan adanya fitur baru Order Online ini, apakah prosedur pembatalan order (order cancellation) tetap sama?
    • Ya, tidak ada yang berubah dengan prosedur pembatalan order (order cancellation). Untuk Immediate 1 hari kerja, untuk Orifast 2 hari kerja, untuk WFT 7 hari kerja dan untuk COD 3 hari kerja.
  28. Bagaimana caranya agar hadiah WP muncul di invoice setelah memasukkan kode produk benefit Welcome Program (WP) atau Business Class (BC)?
    • Setelah memasukkan kode produk WP/BC, harus klik tombol tambah ke order, agar benefit masuk ke bagian Produk Anda (ini berisi semua order Anda)

 



Attachments 
 
 panduan_online_order_dan_registrasi.pdf (4.77 MB)
 registration process 08032013 (ina) r1.pdf (69.91 KB)
 tanya-jawab seputar pendaftaran online (faq) r5 (id).pdf (451.99 KB)
(350 vote(s))
This article was helpful
This article was not helpful

Help Desk Software by Kayako Fusion